Minggu, 01 Maret 2020

Kuliner Halal Khas Malaysia


Malaysia adalah Negara tetangga Indonesia yang termasuk ke dalam wilayah Asia Tenggara. Penduduknya terdiri dari tiga etnis utama yaitu Melayu, India dan China. Sehingga Malaysia memiliki keragaman kuliner yang  khas. Jika kamu pergi jalan-jalan ke malaysia jangan lewatkan makanan-makanan khas Malaysia ini rasanya yang enak dan pembuatannya juga tak kalah menarik dengan masakan Negara lain.
Ciri utama dalam masakan tradisional Malaysia tidak diragukan lagi adalah menggunakan rempah-rempah yang cukup banyak. Santan juga yang memberikan cita rasa hidangan Malaysia yang kaya dan juga mengentalkan hidangannya. Berikut adalah beberapa makanan dan minuman khas Malaysia yang kami rekomendasikan , diantaranya :


1.    Nasi Kerabu

Nasi kerabu merupakan salah satu dari makanan khas Malaysia dan beberapa daerah selatan Thailand seperti Pattani, Yala. Nasi kerabu ini nasinya berwarna kebiruan. Warna biru nasi ini berasal dari kelopak kembang telang. Kerabu adalah campuran daun-daunan mentah (ulam). Aroma nasi kerabu berasal dari daun rempah yang diiris halus, seperti bunga kecombrang, daun kesum, daun kaduk, daun pegagan, daun kunyit, atau daun kencur. Nasi kerabu berbeda dari nasi ulam yang biasanya tidak berwarna biru. Nasi kerabu dihidangkan dengan berbagai lauk seperti ikan asin goreng, kelapa parut, ayam goreng, ayam percik, tauge, cumi-cumi, solok lada, telur asin, atau kerupuk. Sebagai pendamping nasi kerabu ada saus yang terbuat dari ikan bilis yang disebut budu.
Nasi kerabu berasal dari daerah pantai timur Malaysia seperti Kelantan dan Terengganu. Selain nasi kerabu yang berwarna biru terdapat nasi kerabu memiliki warna lain seperti kuning dengan pewarna kunyit atau putih tanpa pewarna.

2.    Lekor atau Keropok lekor 

Lekor atau Keropok lekor adalah kerupuk ikan yang menjadi makanan ringan tradisional bagi orang-orang Melayu di daerah Terengganu, Malaysia. Makanan ini juga disebut sosis ikan, ikan tongkat, atau ikan goreng. Dibuat dari ikan dan tepung sagu, dibumbui dengan garam dan gula. Makanan ini berwarna agak kemerahan dan rasanya amis. Bau amis meningkat ketika mendingin. 


3.    Nasi Dagang


Nasi dagang adalah makanan Malaysia berupa nasi yang ditanak dengan santan kelapa, dan disajikan dengan kari ikan tongkol. Hidangan ini berasal dari daerah Terengganu dan Kelantan. Di Terengganu, nasi dagang terbuat dari campuran beras dan ketan yang ditanak dengan santan kelapa. Nasi dagang terengganu dihidangkan bersama kuah-kuah nasi dagang yang terbuat dari bumbu khas Malaysia, yaitu cabai, kunyit, lengkuas, sehingga berbeda dengan bumbu kari dari India. Nasi dagang kelantan biasanya berwarna merah karena dicampur ketan merah.


4.    Laksa

Laksa adalah makanan berjenis mi yang ditaruh bumbu dengan kebudayaan Peranakan, yang digabung dengan elemen Tionghoa dan Melayu. Laksa mempunyai beberapa jenis, yang paling dikenal adalah yang berjenis Laksa Penang, bentuk mi-nya bulat putih dan sedikit tebal. Nama Laksa diambil dari bahasa Sanskerta yang mempunyai arti banyak, menunjukkan bahwa mi Laksa dibuat dengan berbagai bumbu.
Ada beberapa laksa yang ada di malasysia pada umumnya, yaitu Laksa Asam, Laksa Katong dan,    Laksa Johor . Laksa asam berasal dari Terengganu. Laksa Katong dari daerah Katong di Singapura. Dan  Laksa Johor, berasal dari negara bagian Johor. Dan masih banyak lagi laksa lainnya.
  
5.    Ambuyat 

Ambuyat adalah hidangan yang berasal dari batang bagian dalam pohon sagu. Makanan ini adalah makanan yang terbuat dari tepung hambar, mirip dengan tepung tapioka. Ambuyat adalah hidangan nasional Brunei, dan menjadi makanan lokal yang terkenal lezat di negara bagian Malaysia, Sarawak dan Sabah dan juga wilayah federal Labuan dimana kadang-kadang dikenal sebagai linut.
Ambuyat dimakan dengan garpu bambu yang disebut chandas, dengan menggulirkan pati sekitar garpu dan kemudian mencelupkannya ke dalam saus, yang memiliki banyak variasi.

6.    Char kway teow

Char Kway Teow adalah kwetiau goreng ala Malaysia atau Singapura. Masakan ini juga terkenal di Indonesia. Kuetiaw digoreng di atas wajan berapi besar bersama tauge, kucai, udang, kerang, dan telur. Sebagai tambahan sering dimasukkan sosis Cina atau bakso ikan. Bumbunya adalah bawang putih, kecap ikan, sambal, dan kecap manis.
 Di Ipoh dan Penang, char kuay teow memakai telur bebek dan sering ditambah dengan daging kepiting. Makanan ini sering dianggap kurang sehat karena mengandung lemak tinggi. Char kway teow memang diciptakan sebagai makanan untuk buruh. Kadar lemak yang tinggi dan harga murah membuat hidangan ini disenangi kalangan buruh yang mencari sumber energi dan gizi yang murah. Pada awalnya, masakan ini dibuat oleh nelayan, nelayan pengumpul kerang, atau petani yang berprofesi sambilan sebagai pedagang kwetiau goreng di malam hari untuk menambah penghasilan.

7.    Kue batik 

(Bahasa Melayu: Kek batik) adalah sebuah jenis hidangan penutup kue Malaysia yang tidak dikukus. Kue tersebut dibuat dengan mencampur remahan biskuit Marie yang dipadu dengan saus coklat atau custard yang terbuat dari telur, mentega/margarin, susu kental manis, Milo dan bubuk coklat. Kue tersebut disajikan saat perayaan khusus seperti Idul Fitri dan Natal.
Di Malaysia biskuit Marie populer karena telah diperkenalkan di sana oleh Inggris sejak zaman kolonial. Integrasi yang berlaku antara pihak kolonial dan penduduk lokal melahirkan kuliner baru seperti Kue Batik, atau di Malaysia disebut sebagai Kek Batik.

8.    Sirap bandung


Sirap bandung, atau air bandung adalah nama dari minuman populer di Malaysia, Singapura dan Brunei. Minuman ini terdiri dari susu kental dibumbui sirup mawar yang memberikan warna merah muda. Sirap bandung merupakan adaptasi dari susu mawar yang disajikan di India
Nama dalam bahasa Melayu, istilah bandung berarti "pasangan", sementara sirap berarti sirup. Bandung mengacu pada apa pun yang dicampur dari bahan-bahan lain atau datang berpasangan, seperti rumah berbandung istilah untuk merujuk ke rumah semi-terpisah. Minuman ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan Kota Bandung di Jawa Barat, Indonesia, dan lagi minuman ini juga bukan berasal dari bandung ya guys, hanya namanya saja yang sama.
Bandung adalah minuman favorit di Malaysia, terutama di kalangan masyarakat Melayu. Minuman ini biasanya disajikan pada saat berbuka puasa di bulan Ramadhan atau resepsi pernikahan dengan makanan lain seperti nasi biryani atau rendang. Inovasi modern termasuk menambahkan cincau atau air soda. Minuman ini dapat dibeli pra-campuran atau dibuat di rumah.

9.    Mee bandung Muar

Mee bandung Muar, atau lebih sederhana Mee bandung, adalah masakan tradisional berasal dari Muar, Johor, Malaysia. Dalam kasus Mee bandung, makanan ini adalah masakan yang awalnya hanya terdiri dari mie dan telur disamping sup yang terbuat dari campuran cabai, bawang, rempah-rempah, terasi dan udang kering. Kemudian, resep Mee bandung telah ditingkatkan dengan penambahan udang, daging, fish cake dan sayuran. Meskipun Mee bandung sekarang tersedia secara nasional di seluruh Malaysia, salah satu yang disajikan di kampung halamannya sendiri di Muar masih dianggap yang terbaik dan paling lezat.

10. Chee Cheong Fun

Keanekaragaman etnis dan ras menjadikan Malaysia menyimpan banyak warna dalam buku kulinernya. Sebut saja Chee Cheong Fun yang merupakan kuliner peranakan Tionghoa yang tepatnya berasal dari Kanton, Cina Selatan, termasuk Hongkong. Chee cheong fun biasanya dimakan sebagai camilan atau bersama makanan lain seperti dim sum.
Chee cheong fun juga sering disebut dengan mie usus babi. Meski mengandung kata babi pada namanya, makanan khas Malaysia ini sama sekali tidak menggunakan usus babi. Usus babi pada chee cheong fun hanya merujuk pada bentuk mie beras yang bulat menyerupai usus babi. Mie beras pada hidangan ini biasanya diisi dengan udang, daging sapi, sayuran, dan bahan lainnya. Untuk penyajiannya chee cheong fun dimakan bersama saus manis hitam yang disebut timzheong, jadi Chee cheong fun di Malaysia ada yang halal ya guys.

11. Umai

Malaysia mempunyai kuliner khas yang biasanya dikenal sebagai ciri khas makanan Korea atau Jepang, yakni ikan mentah. Umai adalah nama makanan tersebut. Umai merupakan hidangan praktis yang menghidangkan ikan mentah. Untuk membuat umai, ikan yang dipilih harus ikan yang segar. Tidak semua jenis ikan bisa dibuat umai. Biasanya penduduk Malaysia memilih ikan terubuk, parang, bawal putih, bawal hitam, atau udang.
Karena dihidangkan dalam keadaan mentah, maka dibutuhkan proses untuk menghilangkan bau amis ikan. Biasanya dengan merendam ikan mentah dalam jus limau kasturi. Setelah direndam ikan langsung dibaluri bumbu yang terbuat dari campuran bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan bumbu penyedap. Umai yang sudah siap bisa dimakan bersama sambal tambahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar