Jumat, 07 Februari 2020

Wisata Nan Indah Di Kota PutraJaya


Putra jaya adalah pusat administrasi Malaysia yang menggantikan posisi kuala lumpur. Didirikan pada 19 oktober  1995, namanya diambil dari nama perdaana menteri Malaysia yang pertama yaitu Tunku Abdul Rahman Putra dan juga menjadi wilayah persekutuan Malaysia yang ketiga.
                Wilayah putrajaya sekarang ini diambil dari Selangor sebesar 46 km setelah dilakukan transaksi dengan pemerintah. Selain itu transaksi ini juga membuat Selangor memiliki 2 buah wilayah persekutuan dalam batas-batasnya yaitu kuala lumpur dan putrajaya.








                Beberapa objek pariwisata di putra jaya di antaranya :
               1. Perdana Putra

Perdana putra merupakan sebuah bangunan kompleks yang terdiri dari perdana menteri Malaysia dan beberapa gedung pemerintahan lainnya. Bangunan ini berada di Bukit Utama Putra Jaya yang dibangun pada tahun 1997 dan menjadi salah satu ikon di Putra Jaya. Bentuk gaya dari arsitektur bangunan Perdana Putra ini mengikuti gaya Khas Melayu, Islam dan juga Eropa. Yang menjadi ciri khas dari bangunan ini adalah warna dan bentuk dari bangunannya yang berbeda dari bangunan kantor-kantor lainnya.
Selain itu penempatan pusat pemerintahan Malaysia di kota ini juga untuk mencegah kepadatan bangunan dan penduduk di Kuala Lumpur. Tujuannya agar dapat memisahkan aktivitas pemerintah dengan berbagai pusat ekonomi di Kuala Lumpur. Nah tempat yang menarik agar bisa berwisata dan berfoto-foto disini yaitu terdapat seperti alun-alun di depan kantor perdana putra ini.

                              2.   Danau Putrajaya


Danau Putrajaya merupakan salaha satu danau di kota putrajaya  dimana kita dapat menikmati pemandangan ini dengan cara berkeliling menaiki perahu. Danau ini sangat unik loh bentuknya seperti sungai yang berbelok-belok . danau putrajaya ini juga pernah menjadi tempat penyelenggaraan Red Bull Air Race World dan Asian Canoeing Championships. Di danau ini ada dua jenis perahu yang bisa kita naiki untuk berkeliling yaitu perahu gondola dan perahu dongan sayang, unik yaah namanya ..
Tapi selain perahu kita juga bisa menggunakan Belimbing Sightseeing Cruise Boat untuk berkeliling  yang berkapasitas 76 orang dan dilengkapi AC.

              3. Monumen Milenium


Monumen yang berbentuk seperti kembang sepatu dan mempunyai tinggi 68 Meter seluas 25 Hektar di Percint 2. Menara millennium ini dibangun dengan struktur logam yang padat dan menara di tempat ini dibagi 4 era, yaitu era utama pra kemerdekaan, era masa lalu tahun1957-1970, era sekkarang tahun 1971-2020, dan juga era masa depan setelah tahun 2020.
Monumen ii dirancang oleh seorang arsitek yang bernama Dr. Ken Yeang diresmikan pada bulan agustus tahun 2005. Dimonumen milennium ini kita dapat melihat informasi yang terukir di pelat bangunan tentang Malaysia mulai dari sejarah, kisah para pemimpin local dan juga kemajuan teknologi negara Malaysia.
Di ukiran panel monumen ini diceritakannya pendirian Kuala Selangor tahun 1776 yang menjadi ibukota Selangor dan tentang pembentukan media cetak pertama di Malaysia pada tahun 1806 yang bernama Wales Island Gaxette. Tujuan dibangunnya monument ini salah satunya adalah sebagai salah satu cara untuk generasi muda agar dapat belajar tentang sejarah Malaysia dan menginspirasi agar berjuang untuk pencapaian yang lebih tinggi di masa depan.
Itulah gambaran dari beberapa tempat wisata yang ada di Kota PutraJaya yang dapat kita kunjungi, tetapi masih banyak lagi tempat-tempat yang bisa kunjungi selain ini, mau?????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar